Jumat, 16 Desember 2011

MENGHITUNG SELAMATAN ORANG MENINGGAL (alm mbah kakung)


Selamatan orang meninggal diadakan untuk mengenang atas jasa-jasanya serta mnghormati almarhum,,,disamping itu acara selamatan juga menjadi media dalam pertemuan atau berkumpulnya suatu keluarga,,,,karena dalam pelaksanaannya membutuhkan kerjasama dan solidaritas antar anggota keluarga bahkan tetangga..
Oiya saya blm cerita kenapa saya tiba2 mengangkat topik tentang ini ya,,,hehe,,,
Begini,,awalnya ibuk etan (ibuk kandung) meminta saya untuk mencarikan di internet tentang perhitungan hari slametan uyut akungnya eel (bapaknya bapak mertua)..dan itu sebenernya atas permintaan bapak kulon (mertua) saya karena beliau telah mengirimkan sms ke salah satu koran lokal yang menyediakan rubrik konsultasi mengenai perhitungan hari slametan orang meninggal,,,dan beliau sms ke ibuk etan apa korannya tu hari ini datang ato nggak,,,dan ternyata korannya tidak datang karena mas manto (orang yang mengantar koran setiap hari) itu tidak bisa datang,,,,#hehe ribet ya critanya...kalau bingung ya abaikan,,haha
Yaaah begitulah,,,saya langsung merespon permintaan ibuk saya untuk searching di internet,,,akhirnya saya mengutak atik mbah gugel,,,awalnya saya menemukan cara perhitungan yang manual,,,,pake angka2 dari hari pasaran dll gitu,,,lumayan ribet,,,haha,,,,
Dan akhirnya saya menemukan cara yang lebih praktis lagi dan lumayan akurat,,,,caranya mudah sekali,,,saya tinggal memasukkan tanggal meninggal simbah yang jatuh pada 25 januari 2011...lalu saya klik "hitung" daaaannn taraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!! dalam sekejap langsung keluar hasil perhitungannya lengkap mulai dari  hari geblakenya (hari meninggal) sampai 1000 hari meninggalnya,,,seperti ini ni hasilnya,, :)
Hasil Perhitungan
  1. Selamatan tepat hari meninggal (geblake) : Selasa Pon 25 Januari 2011
  2. Selamatan 3 hari meninggal : Jum'at Legi 28 Januari 2011
  3. Selamatan 7 hari meninggal : Selasa Kliwon 1 Pebruari 2011
  4. Selamatan 40 hari meninggal : Minggu Pon 6 Maret 2011
  5. Selamatan 100 hari meninggal : Kamis Pon 5 Mei 2011
  6. Selamatan Pendhak I (354 hari) meninggal : Sabtu Pahing 14 Januari 2012
  7. Selamatan Pendhak II (708 hari) meninggal : Rabu Legi 2 Januari 2013
  8. Selamatan 1000 hari meninggal : Senin Pon 21 Oktober 2013
Persyaratan (ubarampene) selamatan untuk orang yang meninggal :
  1. Nasi gurih, lauk pauknya garingan, artinya tidak boleh memakai sayur-sayuran. Lauknya biasanya ingkung ayam, yaitu ayam yang lengkap dengan jerohannya, dimasak kering (panggang) dalam keadaan wutuh artinya seekor tidak dipotong-potong , sedangkan lainnya boleh dipotong seperti biasa.
  2. Kue-kuenya, jangan melupakan kue apem.
  3. Kembang Kum yaitu bunga yang ditempatkan dalam tempat yang berisi air
  4. Salawate (saren) sekadarnya.
  5. Juga jangan lupa membuat sandingan yaitu semacam sajen yang bahannya diambilkan dari makanan yang dipakai selamatan, seperti nasi gurih, lauk yang dipakai selamatan dengan kue-kue yang ada, kopi, kembang kum, rokok + korek dan kendi isi air mentah serta kobokan isi air (untuk cuci tangan).
Barang-barang tersebut ditempatkan pada tempat tertentu yang tidak terganggu oleh orang yang lalu lalang dan diberi lampu (boleh listrik yang ada di ruangan itu, atau lampu teplok dan sebagainya kalau belum ada aliran listrik )
Khusus untuk selamatan 1000 hari :
Ubarampe di atas ditambah dengan kain kafan 3 m, tikar, sandal, piring, cangkir 1 stel, sendok, payung, lampu teplok, kalau ada pakaian atau benda-benda yang menjadi kelangenan / kesenangan orang yang meninggal tersebut dapat diikutsertakan.
Semua barang-barang ini ikut dikendurikan.
Hal-hal yang harus diingat yaitu:
  1. Walaupun menyembelih kambing atau sapi, tetapi jangan lupa lauk ingkung ayam.
  2. Kalau disembelihkan kambing atau sapi, kulitnya jangan dijual tetapi disedekahkan.
  3. Lauk yang dipergunakan untuk selamatan itu harus habis pada malam itu juga dan jangan sampai menyisakan untuk hari esok, lebih-lebih kalau sisa itu berupa yang masih mentah, misalnya : satu paha sapi, atau kambing.
Hebat kaaannn,,,,dan hasilnya sangat lengkap sekali,,,,dari persyaratan hingga tips2 juga dijelaskan lengkap disitu,,,,saya kagum dengan kehebatan dan kecepatan tehnologi sekarang,,,,dan saya akui saya sangat terbantu akan software itu,,,,,hehe,,,,
Jika anda sedang mempunyai persoalan sperti saya tadi (menghitung hari slamatan orang meninggal), saya beri linknya nihh,,,,,,perlu dicoba,,,sangat praktis dan mudah,,,,semoga bisa membantu,,,,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar