Kamis, 19 April 2012

STICKY NOTES : aplikasi pengingat


Yak, fitur ini memang sudah lama saya pergunakan. Saya memakai fitur ini untuk saya tampilkan di dekstop windows lalu saya bisa menyimpan semua hal termasuk rencana-rencana saya di aplikasi tersebut tanpa menimbulkan SAMPAH maupun BIAYA (untuk beli kertas, lem atau solasi, dll..haha) dan secara otomatis akan muncul ketika saya menghidupkan netbuk saya..yaaa lumayan sih bisa menampung catatan-catatan kecil saya seperti Tanggal ultah keluarga, scedule untuk beberapa hari kedepan, judul skripsi saya (karna saya masih blon inget betul judul saya..hoho), lalu alamat2 website yang urgent, sampai tanggal bulan menstruasi saya pun tak tulis disituuu...hehe.......ya gapapa dunk daripada nyoret2 tanggalan..hehe...

Ok, sekarang saya akan mengulas alasan saya kenapa tiba-tiba saya mengambil tema tentang sticky notes..
begindang, awalnya ni dari beberapa waktu yang lalu ketika teman saya nanya-nanya "kok bisa di layar netbuk ada kek gituannya.." dan itu ga cuma 1 ato 2 kali...nah dengan kejadian tersebut saya simpulkan bahwa masih banyak orang-orang yang belum menyadari dan memanfaatkan kegunaan STICKY NOTES ini di komputer...padahal ini software manis bgt kegunaannya..

Dan sekarang saya akan bagi cara mendapatkan aplikasi yang berguna banget ini ke kalian semua (halah koyo ono sing moco ae..red: halah kek ada yang mbaca aja) hehe...
Kalo kompi kamu pake windows 7 Ultimate seperti saya, kamu bisa cari aplikasi tersebut dengan langkah di bawah ini:
1.  klik START
2.  pilih All Programs
3.  pilih Accessories
4.  lalu cari 'sticky notes' dan klik
-----> di dekstop akan muncul kotak kecil, tinggal kamu ketik aja apa yang kamu pengen tulis disitu misalnya besok mo ngapain aja dan jam berapa gitu...disitu juga bisa kamu ganti warna kotaknya dengan cara klik kanan kotak kecil itu lalu pilih warnanya....atau disitu juga kamu bisa menambah kotak2nya sebanyak mungkin sesuai kebutuhan kamu untuk membuat catatan kecil caranya tinggal kamu klik tanda + (plus) di kotak tersebut akan otomatis nambah sendiri notesnya..

Berhubung saya masih kurang puas dengan sajian Sticky notes bawaan win 7 di netbuk saya karna disitu tidak ada alarm dan font sizenya pun ga bisa diganti2 n dirubah warnanya, jadi saya browsing sing siiiingggg akhirnya nemu software terbaru yang hampir serupa yakni '7 Sticky notes' 

7 Sticky Notes ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat membantu, seperti misalnya alarm. Jadi misalnya kamu mencatat salah satu rencana kamu untuk menelpon pacar di note dan berencana menelponnya jam 10. kamu bisa menambahkan alarm di note tersebut, katakanlah 5 menit sebelum jam 10. Selanjutnya kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang lain, dan nanti ketika waktu sudah menunjukkan pukul 9:55, alarm akan berbunyi sehingga kamu tidak akan terlewat untuk menelpon pacar kamu deh...hehe.....(saya tau, pasti batin anda gini, "di hape aja juga ada kok..."haha).....
Walaupun 100% gratis, aplikasi ini sangat baik dari segi tampilan maupun fitur-fitur teknisnya. Ga percaya?? Silahkan buktikan sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

Pertama, download aplikasinya DISINI Yaa   
Kalo dah slese, jalankan file SetupStickyNotesv14.exe untuk memulai instal. 
Klo dah slese instal-instalnya, bisa dimulai make Sticky notes sesukamu deeeh... 

CARA PENGGUNAAN dibawah ini niiih:   
  • Pertama-tama jalankan aplikasi 7 Sticky Notes, baik itu melalui shortcut di Desktop ataupun melalui Start Menu.
  • Biasanya akan muncul window yang menanyakan apakah kamu ingin cek update dilakukan secara otomatis. Klik saja Yes.
  • Bila sudah jalan maka kamu akan disambut oleh tampilan seperti berikut ini. Silahkan dibaca-baca dulu untuk mendapatkan gambaran mengenai aplikasi ini.
  • Selanjutnya klik “Show hidden icons” di system tray, lalu arahkan mouse ke ikon 7 Sticky
  •  Klik-kanan, lalu klik Options. 
  • General Settings merupakan tempat untuk merubah berbagai macam setting-an seperti shortcut,  tampilan, visual effect, alarm, dll.

  • Geserlah ke bawah vertical bar di bagian kiri, pilihlah Sleep/Alarm, lalu klik tombol plus (+) warna  hijau.

  •  Lalu kamu akan diminta untuk memasukkan nama Sound untuk keperluan alarm. Sebagai contoh isi saja dengan:  “Alarmku”. Selanjutnya klik OK.

  • Pilihlah lagu yang ingin kamu gunakan sebagai alarm. Kamu bisa memilih jenis filenya di bagian kanan bawah. Bila sudah memilih lagu yang sesuai selera klik Open.

  • Kamu juga bisa mencoba memainkan alarmnya dengan memilih nama alarmnya (Alarmku), lalu klik tombol play berwarna hijau yang terletak di bagian kanan dari deretan tombol yang ada. Bila sudah puas jangan lupa klik tombol Apply dan kamu akan mendapat pesan bahwa pengaturan yang kamu lakukan sudah tersimpan. Klik OK dan terakhir klik Close untuk menutup window.

  • Nah sampai disini kamu sudah selesai menyiapkan setting-an untuk alarm. Selanjutnya saatnya bereksperimen dengan note sekaligus alarm yang sesungguhnya. Untuk memulai tekan Alt+Z, yaitu shortcut untuk membuat note baru.

  •  Selanjutnya tuliskan judul dan juga isi note-nya. Kamu bisa merubah font dan warna sesuka hati kamu... 
  • Kamu juga bisa merubah warna note-nya. Caranya adalah klik tab Style, lalu klik combo-box Note Theme, kemudian pilih warna kesukaanmu
  •  Berikutnya, masuklah ke tab Alarms, lalu centanglah tanda kota yang di bawah (di sebelah tombol bergambar jam weker). Kemudian klik tombol jam weker tersebut.
 

  • Centanglah kotak yang tulisannya “At” (kotak kedua), lalu tentukan waktu (jam dan tanggal) untuk membunyikan alarm tersebut. Di dalam contoh ini dipilih hari Kamis tanggal 17 Maret 2011 pukul 09:30, untuk mengingatkan jadwal fitness yang akan dilakukan jam 10:00. Jangan lupa di bagian Wakeup Sound dipilih “Alarmku” (ini setting-an alarm yang sudah Anda buat tadi). Jika sudah, klik  Set, kemudian klik tombol dengan gambar centang hijau untuk menutup window.  
  • Begitu waktunya sudah sesuai maka alarm akan aktif, yang ditandai dengan note bergetar dan muncul tulisan alarm di kiri bawah. Selain itu lagu yang dipilih juga akan dimainkan secara otomatis. Klik pada  note untuk menghentikan alarm ini.

 Nah, mpe disini kiranya kamu udah punya gambaran gimana memanfaatkan aplikasi ini untuk kebutuhan sehari-hari kaaannn.... 
Buat saya, aplikasi ini sungguh sangat berguna....
dan menggunakan aplikasi ini membuat saya merasa mempunyai sekretaris pribadi, hehehe…halah sok-sokan...hehe


OK, sampe jumpa di posting berikutnya yaaa......danke! :D
Add caption
       
    

       


2 komentar:

  1. masalahnya di Accessories stikynotenya hilang, gmna solusinya?

    BalasHapus