Jumat, 25 November 2011

Seputar Cemburu

Hmm,,,topik SST kali ini adalah mengenai "Cemburu"..#ga tau knapa seh,tb2 ja yg terpikir adalah hal itu,,,,he2...

Oke, semua orang pasti pernah cemburu..#saya berani menjamin,,hehe,,Selama orang itu punya perasaan, saya pastikan dy pernah mengalami cemburu,,,walaupun cuma sedikit,,atau bahkan mgkn cemburunya disimpen dalam hati,,hehe,,,,,karena saya pernah baca bahwa cemburu itu merupakan salah satu sifat dasar yang dimiliki oleh semua manusia.

Apa seh sebenernya cemburu itu?? 
Cemburu (envy) adalah keadaan emosi yang bisa dialami oleh setiap orang pada saat-saat tertentu, tetapi umumnya jarang diakui secara terbuka. Dibandingkan dengan perasaan kuatir, cemas, kesepian, dan rendah diri, cemburu merupakan perasaan yang paling sulit untuk diakui - bahkan oleh diri sendiri. Cemburu merupakan suatu emosi negatif yang terjadi karena seseorang menjadi ancaman dalam suatu hubungan. Jadi, cemburu (jealous) itu melibatkan tiga orang, dimana salah seorang menjadi pihak ke-3 (yang dirasa mengancam). Seringkali orang mengingkari rasa cemburu karena tak ingin memunculkan pertengkaran. Namun sebenarnya setiap pasangan perlu mengenali ada apa di balik rasa cemburu tersebut? Apa yang membuat kita atau pasangan merasa cemburu? Perasaan-perasaan yang biasanya muncul ketika cemburu adalah merasa takut kehilangan, terancam, merasa diabaikan, khawatir, merasa dikhianati (padahal belum tentu demikian), merasa ada keraguan akan diri sendiri, tidak yakin, dan seringkali dipenuhi amarah.

Yah, rasa cemburu memang tidak mengenakkan,,,,secara tidak sadar, dipikiran kita ada semacam lingkaran setan,,,,kita menduga2 sendiri, "jangan2 dia,,,,nanti dy jadi gini,,,,dy berbuat gitu,,,,trus ntar dy pasti ginilah,,,," macem2 pokoknya,,,,,ga habis2,,,seperti kita menyutradarai perasaan kita sendiri,,,,,parahnya, hal itu bisa menimbulkan fitnah bagi orang lain,,,,

Saya mengakui memang susah untuk mengatasi rasa cemburu,,,,,,soalnya saya sendiri pernah menjadi tersangka pencemburu,,,,hehe,,,,,yaa,,,latar belakang rasa cemburu itu timbul memang macam2,,,,,salah satunya mgkn karna pernah dikhianati,,,atau malah pernah mengkhianati,,,,Pertama, pernah dikhianati...yak, jenis penyebab ini memang sangat fatal akibatnya,,,,,seseorang yang pernah dikhianati (orang yang dipercayai melakukan kebohongan/menyeleweng) perasaannya akan sakit dan sulit disembuhkan,,,,ibarat baju yang udah sekali disobek, ga kan bisa utuh lagi meskipun sudah dijahit sekalipun,,,,yak jahitan itu akan jadi bekas,,,,bekas yang ga mungkin bisa dihilangkan,,,,,,,bekas itu hanya bisa dilupakan sejenak,,,,dan akan teringat kembali di suatu saat nanti dan hal itu ga bisa diduga .. Kedua, orang menjadi pencemburu karena dulu pernah mengkhianati,,,,,wahhh klo yang ini dipikirannya selalu mere'ka2 sendiri,,,,,menduga2 pasangannya yang tidak2,,,,,,otak dy berpikir mungkin pasangannya melakukan seperti apa yang dia sendiri lakukan ketika mengkhianati pasangannya,,, #haha bahasaku ribet,,,,

Dan ini tanda-tanda yang mengindikasikan bahwa kita adalah seorang pencemburu yang  tidak logis:
  • Berkali-kali menelponnya dalam sehari, dan merasa marah jika kekasih kita tidak segera menjawabnya. 
  • Mengajaknya terus bicara di telepon walaupun kita tahu dia sedang sibuk dengan pekerjaannya atau  waktunya tidak tepat untuk mengobrol di telepon.
  • Memata-matai setiap kegiatannya. Selalu ingin tahu apa yang sedang dia kerjakan.
  • Saat kita menelepon ke lokasinya dan dia tidak ada di tempat, kita langsung curiga dan menuduhnya dengan sembarangan. 
  • Mengharuskan dia untuk selalu memberitahukan kegiatan yang sedang dan akan dilakukan. Dan dengan siapa dia pergi.

Sekarang, bagaimana cara kita mengatasi rasa cemburu yang tidak masuk akal dan berlebihan tersebut?? oke akan saya coba kasih tips,,,,,#saya coba loh,,,haha,,,,
  •  Sadarilah bahwa perasaan cemburu adalah perasaan yang wajar dimiliki setiap manusia. Lalu untuk mengatasinya memerlukan waktu. Perasaan cemburu adalah suatu proses menuju kedewasaan kita sendiri dan kematangan hubungan cinta kita dengan sang kekasih. 
  • Usahakan untuk selalu berpikir positif dan percaya bahwa cinta sejati kekasih kita hanya untuk kita. Berpikir positif tentang kekasih bukan hanya akan menentramkan hati kita sendiri, namun juga akan membahagiakan kekasih kita. Maka dari itu, jika anda betul-betul mencintai kekasih anda, jangan mempunyai perasaan yang negative tentang dia.
Terus, jika kita sendiri yang berada pada posisi tersebut, mempunyai kekasih yang pencemburu, apa yang harus kita lakukan? Berikut adalah tipsnya:
  • Dewasalah dalam bersikap. Jika kekasih kita sedang menunjukkan tanda-tanda cemburu yang berlebihan, lebih baik kita diam. Kalau kita tidak menanggapinya dengan cara yang tepat, suasana akan bertambah sulit, bahkan akan timbul pertengkaran yang bisa membahayakan hubungan. 
  • Terima saja dengan sabar. Mungkin dia sedang menghadapi masalah sehingga reaksi cemburu yang ditunjukkannya cenderung berlebihan dan tidak logis. Tunggu sampai suasana hatinya tenang. Dan bicarakan baik-baik tentang apa yang sedang mengganggu perasaannya.
  • Yakinkan dia bahwa dia adalah satu-satunya orang yang kita cintai. Dan bahwa perasaan cemburunya sangat tidak beralasan. 
  • Jika memang dirasa perlu, beritahu dia tentang kegiatan yang sedang dan akan anda lakukan hari ini.
SST-shvoong.com

KATA BIJAK SEPUTAR CEMBURU
“Cinta tanpa maaf hanya akan menyisakan luka”
“Jika engkau berani mengatakan cinta, bersiaplah untuk merayu hatimu. Jangan biarkan hatimu mengkerut karena cemburu”
“Mata tidak bisa menilai kebenaran nurani, hanya hati yang penuh dengan cinta bisa merasakannya. Maka ketika hatimu penuh dengan rasa curiga matamu akan menilai semua yang salah seakan – akan benar”
“Cinta sejati hanya ada pada hati yang rela berkorban untuk kebahagiaan orang yang dia cintai, Walau dia harus tersakiti karenanya”
“Tak ada cinta tanpa cemburu, tak ada cemburu karena cinta. Cemburu lahir dari ketakutan dihianati, ketakutan miliknya diambil orang, bukankah cinta tak mesti memiliki?, mengapa harus cemburu?”
SST-wardika


 sekian seputar sekitar tya,,,semuga bermanfaat,,,






Tidak ada komentar:

Posting Komentar